.::*"WELCOME TO MY BLOG, SORRY MY BLOG IF LESS WELL, NEVER BORED TO VISIT MY BLOG AND THANKS FOR VISITING"*::.

Minggu, 26 Februari 2012

Penjelasan Termos saat Mengurung Kalor

Penjelasan Termos saat Mengurung Kalor

Bagaimanakah cara agar air panas tetap panas tanpa membuang kalor yang ada didalamnya. Ibu anda pasti akan memasukkannya kedalam termos. Termos merupakan suatu alat yang berguna untuk menyimpan sekaligus mengurung kalor. Bagaimanakah Penjelasannya ?


Pada termos terdapat dinding kaca dengan bagian dalam dan luarnya dibuat mengkilap. Bagian dalam kaca dibuat mengkilap agar kalor dari air panas tidak diserap dinding sehingga air tetap dalam kondisi panas.
Sementara itu ,dinding kaca bagian luar dibuat mengkilap berlapis perak agar tidak terjadi perpindahan kalor secara radiasi. Ruang hampa berfungsi untuk mencegah perpindahan kalor secara konveksi.
Tutup termos terbuat dari bahan isolator , seperti gabus untuk mencegah perpindahan kalor secara konduksi karena gabus mrupakan konduktor yang buruk. Dengan demikian , air termos tetap panas.
Sehingga tak heran ketika kita memasukan air panas ke dalam termos dapat bertahan selama berjam-jam dan tidak ada kalor dari air panas itu yang terbuang secara cuma cuma , dan dengan kata lain termos dapat mengurung kalor yang ada didalam penampungair panas. Itulah sebabnya , kita dapat menyimpan air panas selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar