.::*"WELCOME TO MY BLOG, SORRY MY BLOG IF LESS WELL, NEVER BORED TO VISIT MY BLOG AND THANKS FOR VISITING"*::.

Sabtu, 15 September 2012

Kebutuhan Manusia


Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Dalam pengertian sehari-hari istilah kebutuhan sering disamakan dengan keinginan. Seringkali terjadi seseorang mengatakan kebutuhanpadahal sebetulnya yang dimaksud adalah keinginan. Kedua istilah tersebutmengandung pengertian yang berbeda. Kebutuhan adalah kenginan terhadapbarang atau jasa yang harus dipenuhi, apabila tidak dipenuhi akanmenimbulkan dampak yang negatf. Jadi perbedaannya antara kebutuhan dankeinginan adalah bahwa kebutuhan harus dipenuhi tetapi kalu keinginan tidakharus dipenuhi.Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenisdan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusiasejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segalasesuatunya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukanpengorbanan untuk mendapatkannya.
Di bawah ini akan diberikan jenis,macam aneka ragam definisi atau pengertian dari tiap-tiap kebutuhan manusiaselama hidupnya di dunia :
a. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan / Prioritas)
1.Kebutuhan Primer (kebutuhan pokok) Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang haus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusai, seperti : dapat hidup sehat, berpakaian, dan berteduh serta memperoleh pendidikan. Kebutuhan primer ini apabila tidak dipenuhi dapat menimbulkandampak yang negatif.
2. Kebutuhan Sekunder (Pelengkap) Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang pemenuhannyasetelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh kebutuhan skunder adalahkebutuhan akan radio, TV, atau sepeda motor bagi masyarakat yangpendapatannya masih tergolong rendah.
3. Kebutuhan Tersier / Mewah / LuxKebutuhan tersier atau kebutuhan mewah adalah kebutuhan yang biasanya dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder dipenuhi. Contoh kebutuhan tersier adalah kebutuhan akanmobil, alat rumah tangga mewah, dan perhiasan mahal.
b. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifat
1.  Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan FisikKebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungandengan badan lahiriah atau tubuh seseorang. Contohnya sepertimakanan, minuman, pakaian, sandal, pisau cukur, tidur, buang airkecil dan besar, seks, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Rohani / Kebutuhan MentalKebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dibutuhkanseseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan. Contohnya seperti mendengarkan musik, siraman rohani, beribadahkepada Tuhan Yang Maha Esa, bersosialisasi, pendidikan, rekreasi,hiburan, dan lain-lain.
c. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu
1. Kebutuhan SekarangKebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang benar-benardiperlukan pada saat ini secara mendesak. Contoh adalah kebelet pipis,makan karena sangat lapar, pengobatan akibat kecelakaan, dan lainsebagainya.
2. Kebutuhan Masa DepanKebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang dapat ditundaserta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang. Contoh yaitupergi haji, pendidikan tinggi, pahala untuk bekal akherat, membelimobil toyota yaris terbaru, dan lain sebagainya.
d. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek / Subyek Penggunanya
1. Kebutuhan Individual / Individu / PribadiKebutuhan individu adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkanoleh orang perseorangan secara pribadi. Contohnya adalah sikat gigi,menuntut ilmu, sholat lima waktu, makan, dan banyak lagi contohlainnya.
2. Kebutuhan Sosial / KolektifKebutuhan sosial adalah kebutuhan akan berbagai barang danjasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial suatukelompok masyarakat. Contohnya adalah jalan umum, penerangantempat umum, berserikat mengeluarkan pendapat, berbisnis,berorganisasi, dan lain-lain.
Faktor – faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

1.     Ekonomi ( Pendapatan/ Penghasilan )

2.     Lingkungan Sosial Budaya

3.     Fisik

4.     Tingkat Pendidikan

Faktor – faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia beragam

1.     Sifat manusia yang tidak pernah puas

2.     Adanya penemuan-penemuan baru dalam iptek

3.     Perubahan taraf hidup

4.     Pertambahan penduduk

5.     Majunya komunikasi, transportasi, dan informasi

6.     Perubahan dan kemajuan kebudayaan.



Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

·        Berdasarkan Kelangkaannya

1)     Barang Ekonomi

Barang ekonomi merupakan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas untuk memperolehnya  diperlukan pengorbanan biaya.

2)     Barang Bebas

Barang bebas merupakan alat pemuas kebutuhan yangg tersedia secara berlimpah da setiap orang dapat memperolehnya dengan bebas, sehingga untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan ( biaya )

3)     Barang Illith

Barang illith adalah barang yang jumlahnya berlebihan, sehingga dapat merugikan manusia dan harus dikurangi

·        Berdasarkan Fungsi Hubungan Pemakaian dengan Barang Lain

1)     Barang Subtitusi

Barang subtitusi merupakan barang yang penggunaanya dapat saling menggantikan dengan barang lain.

2)     Barang Komplementer

Barang komplementer merupakan barang penggunaanya saling melengkapi

·        Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

1)     Barang Konsumsi

Barang konsumsi merupakan barang yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi disebut juga barang siap pakai, barang jadi, atau barang akhir.

2)     Barang Produksi

Barang produksi merupakan barang yang memerlukan proses produksi lebih lanjut untuk dapat digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia.

·        Berdasarkan Proses Pembuatannya

1)     Barang Mentah

Barang mentah merupakan barang yang perlu diolah lebih lanjut agar dapat mejadi barang setengah jadi.

2)     Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah melalui proses produksi, tetapi untuk dapat dikonsumsi harus melalui proses selanjutnya.

3)     Barang Jadi

Barang jadi merupakan barang yang sudah siap untuk dikonsumsi

·        Berdasarkan Sifat

1)     Barang Bergerak

Barang bergerak merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dalam jangka pendek

2)     Barang Tidak Bergerak

Barang tidak bergerak merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dalam jangka panjang.

Penyebab Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya

1.     Banyak yang membutuhkan

2.     Jumlah terbatas

3.     Sukar didapat

4.     Faktor geografis

Usaha manusia mengatasi kelangkaan

1.     Skala Prioritas

2.     Arif dan bijaksana ( Efektif dan Efisien)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar